AUDIT EKSTERNAL STFB ISO 9001: 2015 STAGE 1

Selamat dan sukses atas terlaksananya Audit eksternal ISO 9001: 2015 di STFB pada tanggal 10 Pebruari 2017. ISO 9001 adalah satu diantara standar manajemen mutu yang berlaku internasional. ISO 9001 berisi persyaratan-persyaratan sistem manajemen mutu yang mengarahkan organisasi untuk mengendalikan proses-prosesnya menuju pencapaian sasaran termasuk diantaranya adalah kepuasan pelanggan, kesesuaian dengan peraturan dan perundang-undangan serta peningkatan mutu yang berkesinambungan. Dalam penerapan sistem manajemen mutu ini, organisasi bila mendapatkan sertifikasi dari lembaga independen sebagai bukti atas kesesuaiannya memenuhi berbagai persyaratan ISO 9001:2015 maka diharapkan dapat lebih meningkatkan kepercayaan stakeholdernya.

Kini STFB tengah memasuki babak baru penerapan sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001: 2015. Pada tanggal 10 Pebruari 2017, telah terlaksana audit eksternal stage-1 dengan auditor dari British Standards Intitution (BSI).

Audit eksternal ini adalah salah satu tahapan pembuktian komitmen mutu STFB yang tertuang dalam kebijakan mutu STFB yaitu : STFB berkomitmen melaksanakan proses pendidikan tinggi di bidang farmasi yang dapat diterima oleh stake holders sesuai peraturan dan persyaratan yang berlaku, konsisten terhadap mutu dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta melakukan peningkatan berkelanjutan.

Hasil proses audit eksternal oleh lembaga independen ini, kemudian menjadi masukan berharga bagi STFB untuk terus melakukan perbaikan dan melakukan peningkatan mutu secara berkelanjutan melalui penerapan sistem manajemen mutu secara berkesinambungan. Seluruh elemen pelaksana proses pendidikan tinggi di STFB, mulai dari top manajemen hingga staf pelaksana tentu saja menjalankan aktivitasnya sesuai dengan sistem manajemen mutu yang dikembangkan.

Institusi besar bukanlah institusi yang secara tiba-tiba memiliki kualitas secara instan, namun dibangun melalui rangkaian proses panjang melibatkan seluruh elemen sistem. Mulai dari manusia, peralatan, metode (prosedur), bahan-bahan, hingga aspek finansial. Semoga melalui audit eksternal ini, proses pelaksanaan sistem manajemen mutu STFB berbasis ISO 9001: 2015 berhasil membuktikan STFB sebagai institusi yang memiliki visi “Menjadi perguruan tinggi farmasi yang berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia secara mandiri, unggul, berbudaya, dan berdaya saing tinggi di taraf nasional dan regional pada tahun 2025”.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *